1 Real Berapa Rupiah? Ketahui Sejarah Panjang dan Cara Ceknya (2024)

Liputan6.com, Jakarta 1 real berapa rupiah menjadi salah satu konversi mata uang yang kerap dicari belakangan ini, bersamaan dengan berlangsungnya piala dunia 2022, banyak orang termasuk dari Indonesia yang menukarkan uangnya dalam bentuk real untuk memudahkan transaksi selama berada di Qatar.

Baca Juga

  • 1 Juta Dollar Berapa Rupiah? Pahami Nilai Kurs dan Cara Menghitungnya
  • 1 Dollar Berapa Rupiah Hari Ini? Begini Menghitungnya
  • 1000 Dollar Berapa Rupiah? Tergantung Supply and Demand, Simak Penjelasannya

Advertisem*nt

Selain itu, mengetahui nilai dari 1 real berapa rupiah juga akan membantu anda yang tertarik untuk berinvestasi dalam investasi valas yaitu mata uang real. Dikenal juga dengan nama riyal, 1 real berapa rupiah umumnya berubah-ubah setiap harinya, dengan nilai kurs jual dan kurs beli yang berbeda juga.

Namun anda tidak perlu khawatir karena untuk mengecek nilai dari 1 real berapa rupiah bisa dilakukan dengan mudah secara online. Selain mengetahui cara mengecek konversi nilai mata uang real ke rupiah, mengetahui sejarah di balik mata uang real jual menjadi salah satu pengetahuan yang menarik untuk dipelajari.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (12/12/2022). Nilai tukar 1 real ke rupiah, serta sejarah dan tata cara mengecek nilai tukar mata uang secara online.

Spekulasi mata uang kripto terutama Bitcoin meningkat selama pandemi, dengan tingginya volatilitas nilai yang memungkinkan orang kaya mendadak. Tapi ancaman miskin mendadak juga ada. Ini tak menyurutkan minat dunia usaha dan juga investor untuk ikut ...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1 Real Berapa Rupiah?

Perbesar

1 Real Berapa Rupiah?

Qatar merupakan negara kecil di sem*nanjung jazirah Arab, dekat Teluk Persia. Negara Qatar menetapkan Riyal atau real sebagai mata uang resmi dengan kode ISO, berupa QAR atau QR. Sedangkan untuk 1 Real berapa rupiah hari ini (12 Desember 2022) adalah Rp 4156,14.

Yang artinya jika anda ingin menukar uang rupiah menjadi 1 Real Qatar, hanya membutuhkan uang sebesar Rp 4156,14. Terdapat 9 jenis pecahan mata uang real yang beredar saat ini yaitu pecahan dalam bentuk uang kertas dengan nominal QR 1, QR 5, QR 10, QR 50, QR 100, QR 500 serta uang koin pecahan 50 Dirham dan 25 Dirham.

Advertisem*nt

Advertisem*nt

3 dari 4 halaman

Sejarah Real

Sejarah Real

Pada mulanya, Qatar memilih Rupee Teluk India sebagai mata uangnya sampai tahun 1966. Mata uang tersebut dianggap sebagai langkah perlindungan Inggris terhadap sem*nanjung Arab di wilayah Teluk Persia pada 1959 hingga 1966.

Dikutip dari situs resmi Bank Sentral Qatar (QCB), penggunaan Rupee Teluk berkaitan erat dengan Poundsterling akibat pengaruh Inggris. Namun, sem*njak penurunan mata uang India (devaluasi) termasuk Rupee Teluk sekitar 35 persen, akhirnya Qatar dan juga Dubai mengambil langkah untuk menggantinya menjadi Riyal Saudi.

Advertisem*nt

Tindakan sem*ntara itu berakhir hingga 21 Maret 1966, di mana kedua negara kemudian mendirikan Dewan Mata Uang Qatar-Dubai. Kepengurusan tersebut mengeluarkan mata uang nasional pertama bernama Qatar-Dubai Riyal (QDR) per 18 September 1966, yang jumlahnya setara 0,186621 gram emas 24 karat.

Pada 2 Desember 1971, Dubai beralih menjadi bagian UEA (Uni Emirat Arab). Sehingga melalui UU No. 7 Tahun 1973, Dewan Mata Uang Qatar-Dubai dibubarkan dan berubah menjadi Qatar Monetary Agency (QMA).

Per tanggal 13 Mei 1973, QMA menjalankan sejumlah tugas bank sentral. Berdasarkan Surat Keputusan Amiri No. 24 Tahun 1973, salah satunya mengesahkan Riyal Qatar (QR) menukar QDR. Nilai nominalnya sama persis seperti perbandingan emas murni dengan QDR. QMA juga bertanggung jawab menstabilkan nilai tukar Riyal Qatar terhadap dolar Amerika Serikat (US$).

4 dari 4 halaman

Cara Cek Kurs Mata Uang Secara Online

Cara Cek Kurs Mata Uang Secara Online

Untuk memudahkan anda yang ingin mengecek nilai tukar mata uang rupiah menjadi real atau mata uang lainnya, berikut ini adalah beberapa cara cek kurs tukar mata uang secara online yang bisa dicoba.

1. Website Resmi Bank

Advertisem*nt

Bank merupakan lembaga keuangan yang juga turut menyediakan layanan dan informasi mengenai harga kurs mata uang asing. Yang perlu anda lakukan adalah mengunjungi website resmi bank yang anda inginkan dan masuk ke bagian daftar lengkap harga mata uang asing. Selain menampilkan nilai yang jelas, cara ini juga gratis dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

2. Currency App

Cara mengecek kurs mata uang yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Currency App. Aplikasi konversi mata uang ini mendukung lebih dari 180 mata uang di dunia dan selalu diperbarui dengan kurs terbaru setiap menitnya secara otomatis. Anda cukup menginstalnya di smartphone untuk dapat menggunakan fitur-fiturnya.

3. Mesin Pencarian

Pilihan ketiga untuk cek kurs mata uang asing adalah dengan mengakses mesin pencari seperti Google. Cukup dengan mengetik nama mata uang asing yang ingin diketahui harga atau nilai konversinya lalu membandingkan dengan mata uang Rupiah, seperti saat melakukan pencarian 1 real berapa rupiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Advertisem*nt

1 Real Berapa Rupiah? Ketahui Sejarah Panjang dan Cara Ceknya (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Terrell Hackett

Last Updated:

Views: 6030

Rating: 4.1 / 5 (72 voted)

Reviews: 87% of readers found this page helpful

Author information

Name: Terrell Hackett

Birthday: 1992-03-17

Address: Suite 453 459 Gibson Squares, East Adriane, AK 71925-5692

Phone: +21811810803470

Job: Chief Representative

Hobby: Board games, Rock climbing, Ghost hunting, Origami, Kabaddi, Mushroom hunting, Gaming

Introduction: My name is Terrell Hackett, I am a gleaming, brainy, courageous, helpful, healthy, cooperative, graceful person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.